0

Ingat Ini Bukan Pondok

Posted by Malestha Andheka on 06:30:00
Dua hari yang lalu, gue mengikuti kegiatan wajib dari kampus gue. Kami selaku mahasiswa untuk diwajibkan mengikutinya. Semua fakultas apapun yang ada di Universitas gue, tanpa pilih mengikutinya serempak. Dari setiap fakultasnya, dipecah menjadi beberapa kloter agar tidak kebanyakan ditempat pondok itu.

Gue perkenalkan nama Universitas gue dulu dah. Gue saat ini duduk dibangku kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kalo kalian serupa kemuhammadiyahan kampusnya, pasti kegiatan ini ada.

Gue datang dipondok itu pukul lima pagi. Selepas gue ditinggal bokap, gue menyendiri di depan gerbangnya. Tak lama, satu persatu teman sekelas gue berdatangan. Hal pertama yang kita ketahui adalah datang pagi untuk melihat pembagian kamar dan kelas sesuai Nomor Induk Mahasiswa (NIM).

Gitu gue mengetahuinya, gue bergegas menuju ke Asrama. Di dalam, ada sekitar empat puluhan anak. Namun jika perkelas terbagi empat puluh tujuh anak. Pembagian itu bukan kami yang memilih. Melainkan dari kampus itu sendiri.

Berjalan sehari, rasanya begitu sangat lambat ketika jam berjalan. Kami ditantang untuk tidak merokok, miras, bawa handphone, headshet, mp3, mp4, flashdisk, micro-SD, SIM card, charger, iPod, dan lain sebagainya tentang elektronik. Semuanya itu kami tinggalkan.

Mengikuti kegiatan ini, tujuannya adalah supaya dapat mengikuti wisuda di akhir perkuliahan. Karena kegiatan ini masuk ke dalam SKS.

Dalam kegiatan ini, kami menahan larangan itu selama empat hari berturut-turut. Susah? Enggak. Kami melupakannya seakan kami menikmati kegiatan itu dengan ceria. Kami pun telah menyadari bahwa masa depan tak mungkin lama jika berusaha keras mendapatkan nilai yang tinggi.

Ingat ini bukan pondok adalah pengalaman gue ketika Shabran. Ya, kegiatan ini adalah Shabran. Kegiatan yang sesuai ajaran pondok, namun bukan pondok. Ingat ini bukan pondok. Ada kala kebahagiaan muncul dari wajah, karena itulah hati telah bersih dari godaan yang tidak sewajarnya mengelilingi pikiran. Semuanya itu terhapuskan oleh hati yang ikhlas dalam mengikuti kegiatan apapun ketika telah dijalani dengan antusias.

Apakah kamu pernah mengalami kegiatan ini?

0 Comments

Copyright © 2009 ANDHEKA MALESTHA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.