0

Tentang Tulis Menulis

Posted by Malestha Andheka on 17:46:00
HAAAAHHH. Nulis itu susah. Siapa bilang nulis itu susah? Engga kok. Gue sempurnakan kata engga, menjadi mudah. Apabila kita berusaha untuk belajar, maka kita akan mahir dalam menulis.

Sejak gue masih kecil dulu, duduk di bangku TK. Ya. Tepatnya di TK Bayangkara gue berada. Disana gue belajar mewarnai dan diajarkan cara memegang pensil dengan benar.

Gue inget pertama kali gue sedang disuruh mewarnai pakai crayon. Alhasil mewarnai di kertas aja gue engga merasa PW. Sering banget gue menggambar di dinding yang sebagian gambarnya engga ada artinya.

Menggambar gunung aja udah kayak botol kecap. Lalu, gue alihkan menggambar orang. Alhasil menggambar kangoroo tanpa kepala. Tsaah. Gue setengah menyerah dalam hal tentang menggambar dulu.

Beranjak gue duduk di bangku SD, gue belajar menebali huruf dan angka. Gue banyak belajar tentang tulis menulis sekarang. Tiap kali menulis, mata gue langsung jeli. Akhirnya gue mulai senang mencoba menulis itu ketika dirumah.

Saat dirumah, gue mengkutip kembali angka dan huruf yang telah diajarkan. Nyokap paling shock melihat gue ketika gue berpura tekun, namun sebenarnya gue memang sudah menyukai tulis menulis.

Pada akhirnya, ketika gue menulis gue sudah banyak banget hal-hal yang akan gue tuliskan. Di masa SD gue akhirnya bisa menulis sebuah kalimat demi kalimat. Tepatnya kalimat pendek seperti: Budi makan durian. Dan durian makan Budi.

Gue menulis dengan huruf kapital. Setelah nyokap bokap membenarkan tulisan gue, akhirnya gue mengerti kesalahannya. Dan kesalahan ketika gue menulis adalah dari tulisan kapital tersebut. Yang kadang menyelesaikan hipotesis ini lebih rumit. Namun, terselesaikan ketika gue sadari.

Tiap kali gue menulis SMS di hape, gue tidak menulis huruf kapital lagi ketika temen gue SMS. Alhasil akan salah pengertian dalam hal membaca jika tulisannya gede semua. Hehehehe.

Akhirnya gue menulis biasa dengan alakadarnya tegak. Kelak semua pertahapan demikian, gue harus belajar juga menulis huruf latin. Kali ini ngebuat gue makin tertekan. Jujur. Gue paling jelek banget menulis huruf latin, namun huruf tegak justru sebaliknya.

Menginjak SMP ini, guru tidak mewajibkan tulisan huruf tegak atau latin. Gue menetap tulisan tegak sesuai yang gue tulis. Dari banyak narasi yang gue petik, gue kutip kembali dengan membuat outline di karangan gue.

Pada mulanya, tentang tulis menulis sebebarnya ada beberapa hal yang penting sebelum menuliskan. Diantaranya sebagai berikut.

1. Niat berkonsisten. Yang artinya mampu menyelesaikan tulisan hingga akhir.
2. Ide dasar.
3. Gaya bahasa.
4. Tema.
5. Plot.
6. Judul yang akan digunakan.

Sebenarnya memang tidak sulit jika kita praktekkan. Sebelumnya, memang terasa susah apabila mengerjakannya tidak pede. Kadang ketidak pedenya inilah yang kelak memberhentikan kita untuk berkonsisten.

Kali ini gue menulis sendiri paparan kalimat diatas. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Jadi, subscribe dibawah sini. Tinggalkan posting komentar agar kita bisa berkembang menjadi seorang penulis.

0 Comments

Copyright © 2009 ANDHEKA MALESTHA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.